Apa itu Database Marketing [Pemasaran Berbasis Data]


Ketika ingin memasarkan sebuah produk, apakah yang harus dilakukan supaya produk itu terjual ?

Apakah dengan langsung terjun kemasyarakat dan menyodorkan produk tersebut untuk ditawarkan kepada siapapun yang terlihat ?

Bukan begitu caranya, karena itu hanya membuang-buang waktu dan tenaga menwarkan kepada seseorang yang tidak tepat. Oleh karena itu dibutuhkan Database Marketing.

DAFTAR ISI
  1. Apa itu Database Marketing?
  2. Sumber data apa yang dapat digunakan dalam pemasaran?


Apa itu Database Marketing?

Database marketing (pemasaran berbasis data) yang juga dikenal dengan Customer Relationship Management (CRM) adalah strategi yang digunakan untuk meningkatkan penjualan.

Sederhananya, pemasaran berbasis data mencakup pemahaman dan pengelolaan data pelanggan.

Database Marketing mengumpulkan data pelanggan atau calon pelanggan yang dianggap potensial.

Dari Database Marketing kamu bisa memahami kebutuhan mereka secara personal baik dari segi kebutuhan ataupun keinginan pelanggan.

Dengan menggunakan refrensi dari Database Marketing, Customer Sevices Relationship (CSR) menjalankan tugasnya untuk membangun hubungan dengan calon pelanggan.


Sumber data apa yang dapat digunakan dalam pemasaran?

Sumber data yang paling baik adalah sumber data yang diperoleh secara langsung dari permintaan pelanggan terhadap produk.

Tetapi sumber data juga bisa diperoleh dengan banyak cara guna menambah database.

1) Situs webh

Situs web adalah etalase online bagi bisnis kamu. Selain menjadi penghubung bagi sebagian besar pemasaran digital, ini juga merupakan saluran yang dapat memberi kamu wawasan paling luas tentang prospek atau perilaku pelanggan.

Data situs web dapat memberi tahu Anda sebaik apa kinerja kampanye iklan Anda, apa yang dicari oleh pelanggan Anda, dan di mana Anda mungkin kehilangan sasaran.

Tingkat Pentalan: Tingkat pentalan menunjukkan seberapa sering orang mengunjungi situs kamu dan pergi tanpa keterlibatan yang berarti. Saat membawa pengunjung ke situs kamu, rasio pentalan tinggi dapat menunjukkan bahwa pemasaran dan iklan kamu mengarahkan lalu lintas ke situs atau halaman yang tidak memiliki informasi relevan yang diharapkan pengguna. Data seperti ini dapat membantumu menyempurnakan pengiriman pesan di seluruh saluran untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik di situs web kamu.

Tampilan Halaman: Apakah situs web kamu disusun berdasarkan berbagai produk, layanan atau lokasi, tampilan halaman memberi kamu wawasan tentang halaman mana yang penting bagi audiens. Kamu juga dapat mengukur waktu pengunjung di halaman untuk menentukan konten mana yang paling bermanfaat bagi audiens.

Halaman Keluar: Data situs web kamu juga mencakup halaman keluar untuk memberi gambaran tentang di mana pengguna meninggalkan situsmu, yang merupakan metrik yang sangat penting bagi bisnis yang ingin mengkonversi lalu lintas di situs web mereka. Gunakan data ini untuk memahami mengapa orang meninggalkan situsmu, dan perbaiki halaman ini untuk menambah waktu di situs dan konversi.

Google Analytics adalah alat yang hebat dan gratis. Disediakan untuk bisnis dari semua ukuran untuk mendapatkan data situs web. Hampir semua laporan tersedia disana dan bisa berguna untuk menjadi sumber database untukmu.

2) Email

Pemasaran email adalah cara yang bagus untuk menjangkau pelanggan kamu ketika mempromosikan bisnis. Menurut data dari eMarketer, 81 persen responden mengatakan pemasaran email membantu mendorong akuisisi pelanggan, dan 80 persen mengatakan itu membantu meningkatkan retensi pelanggan.

Berikut adalah beberapa poin data utama yang harus kamu gunakan untuk mengukur dampak kampanye email :

Open Rate: Tarif terbuka mengukur berapa banyak orang yang membuka email pemasaran kamu. Ini adalah metrik kunci yang menunjukkan seberapa baik pesan email kamu beresonansi dan memberikan takeaways yang dapat kamu gunakan untuk menguji dan meningkatkan pemasaranmu. Jumlah terbuka yang rendah bisa menjadi indikasi yang buruk atau konten yang perlu diperbaiki. Gunakan data ini untuk menguji kampanye email kamu berikutnya untuk lebih memahami apa yang berfungsi, dan apa yang tidak.

Rasio Klik-Tayangan: Seperti iklan berbayar, rasio klik-tayang yang tinggi dalam email membantu kamu memahami apa yang mendorong pengguna online untuk mengonversi ke tahap berikutnya dari kampanye pemasaran kamu. Apakah kamu memiliki panggilan jelas untuk bertindak dalam email? Apakah topik tersebut relevan dengan daftar email yang kamu pesan? Gunakan rasio klik-tayang kamu sebagai metrik konversi untuk kampanye email Anda.

Berhenti berlangganan: Berhenti berlangganan dari daftar email akan menyarankan ketidaktertarikan atau ketidakpuasan. Uji konten terhadap daftar pemasaran kamu untuk mengidentifikasi poin rasa sakit yang akan menyebabkan pengguna berhenti berlangganan.

3) Telepon

Menurut BIA / Kelsey, panggilan tahunan ke bisnis dari smartphone diperkirakan akan mencapai 162 miliar pada 2019, mewakili peningkatan 73 persen dari angka tahun 2015. Telepon adalah saluran langsung - secara harfiah - dengan pelanggan.

Pastikan kamu mendengarkan dan menggunakan data ini untuk membuat keputusan yang tepat.

Atribusi Panggilan: Jika upaya pemasaran kamu mengarahkan panggilan ke bisnismu, atribusi panggilan dapat menjadi pahlawan pemasaran yang membuktikan efektivitas kampanye dan menentukan saluran mana yang lebih baik dalam membawa arahan atau panggilan.

Rekaman Panggilan: Merekam panggilan memungkinkan kamu untuk lebih memahami masalah dan pertanyaan pelangganmu. Berbekal pengetahuan ini, kamu dapat memberikan konten yang lebih baik selama proses penjualanmu untuk membantu mengedukasi audiensmu. Panggilan yang direkam juga dapat menjadi alat yang kuat dalam penjualan atau pelatihan agen - karena tim telepon kamu berada di garis depan menangani pertanyaan dan masalah pelanggan, kamu dapat menggunakan rekaman panggilan untuk mengidentifikasi kesenjangan pengetahuan dan membantu meningkatkan proses pelatihan kamu, dan meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

Perutean Panggilan: Apakah kamu memiliki beberapa tim atau individu yang menjawab panggilan telepon kamu, perutean adalah cara yang bagus untuk memastikan pelanggan kamu menjangkau orang yang tepat di organisasi kamu. Kamu juga dapat mengukur bagaimana pelanggan dialihkan; misalnya, jika ada lebih banyak panggilan untuk dukungan daripada penjualan. Dari perspektif pemasaran, bagaimana seorang pelanggan memilih sendiri di mana mereka perlu ditransfer memberi kamu gambaran tentang jenis konten apa yang mendorong mereka untuk melakukan panggilan telepon.

BACA JUGA: