Pernahkah kamu membayangkan ada berapa banyak artikel di Internet ? Misalnya saja ketika kamu ingin mencari informasi tentang "Apa itu SEO" dan melakukan searching di mesin pencarian Google.

Berapa banyak artikel yang kamu temukan ? dan manakah artikel yang akan kamu baca ?.
Semua itu berhubungan dengan SEO yang bisa kamu baca disini.
DAFTAR ISI
  1. Apa itu SEO
  2. Tujuan SEO
  3. Fungsi SEO
  4. Mengapa SEO itu penting
  5. Bagaiamana SEO bekerja
  6. Belajar SEO



Apa itu SEO

Optimisasi mesin pencari (SEO) adalah serangkaian teknik dan metodologi yang diciptakan guna meningkatkan traffic yang berdampak pada meningkatnya pencarian organik suatu situs web.

Semua mesin pencari memiliki laporan hasil pencarian dan menetapkan algoritma untuk memberi peringkat hasil pencarian berdasarkan apa yang paling relevan dengan permintaan pencarian pengguna.

SEO melakukan segala macam cara untuk menyesuaikan halaman dengan permintaan mesin pencari hingga mampu tampil di halaman pertama hasil pencarian. Tidak seperti pencarian berbayar, tidak ada uang yang terlibat untuk menampilkan konten situs web di halaman pertama hasil mesin pencari.

Tujuan SEO

SEO bertujuan untuk menempatkan situs web pada posisi teratas dalam halaman hasil mesin pencarian.



Biasanya ketika orang melakukan penelusuran di mesin pencarian mereka akan mengunjungi situs web yang berada di posisi pertama.

Dengan kata lain posisi didalam halaman hasil mesin pencarian bisa menentukan jumlah pengunjung. Semakin tinggi posisi maka akan semakin banyak mendapatkan kunjungan, sebaliknya posisi semakin rendah akan mendapatkan pengunjung yang lebih sedikit.


Fungsi SEO

Secara umum SEO berfungsi sebagai panduan bagi pemilik situs web tentang bagaimana tata cara untuk mengelola situs web.

Bahkan saat ini SEO telah menjadi standar umum bagi situs web untuk berkompetisi dalam hal memperebutkan pengunjung.

Dengan diterapkannya SEO pada situs web juga akan memberikan pengalaman yang baik pada pengunjung karena halaman akan diisi dengan konten yang relevan dan berkualitas.


Mengapa SEO itu penting

Terlepas dari besar atau kecil suatu website, semua pasti memiliki keinginan untuk meningkatkan pengunjung dan memperkenalkan situs web.

Mengerahkan segala upaya dalam optimasi on-site dan off-site juga akan memberikan keuntungan bagi situs web atau bisnis kamu dalam jangka panjang.

Hasil dari penerapan SEO tidak bisa dirasakan secara instan karena ini membutuhkan waktu dan kesabaran selama proses berlangsung, hasil SEO bisa bertahan lama dan terus tumbuh secara berkelanjutan, tidak seperti metode SEM (Search Engine Marketing) yang membutuhkan input uang tunai konstan.

Beberapa manfaat SEO

  • Hemat biaya
  • Meningkatkan pengunjung
  • Kredibilitas yang lebih tinggi dengan pengguna
  • Visibilitas berkelanjutan
  • Kesadaran merek

Karena semua situs besar telah menerapkan SEO selama bertahun-tahun, mengaplikasikan SEO secara teratur akan memberikan keuntungan bagimu untuk mengejar ketertinggalan.

Keunggulan pada pesaing bisa kamu dapatkan dengan melihat konten pesaing dan membuat konten yang berbeda yang mampu memerikan hal baru dengan pengalaman yang berbeda bagi pengguna.

Melalui penerapan SEO yang tepat, situs web akan mendapatkan peringkat yang lebih baik dari waktu ke waktu, berpotensi mendapatkan cuplikan fitur, dan keuntungan lainnya.

Meningkatkan peringkat situs di dalam mesin pencarian tidak hanya membantu meningkatkan pengunjung tetapi juga memberikan kredibilitas lebih ke situs web.

Peringkat yang lebih tinggi di SERP (Search Engine Results Pages) untuk kata kunci bertarget bisa menjadi sebuah strategi, memiliki posisi pertama lebih dipercaya oleh pengguna yang memasukkan kueri pencarian sehingga memiliki persentasi lebih besar untuk di klik daripada peringkat di bawahnya.

Dengan meningkatkan peringkat situs, maka sedikit demi sedikit merek kamu akan dikenal dan mendapatkan rekomendasi dari situs web lainnya.


Bagaiamana SEO bekerja

Salah satu mesin penelusuran yaitu Google, mengklaim bahwa mereka menggunakan lebih dari 200 faktor yang berbeda dalam Algoritma untuk menampilkan SERP (Search Engine Result Page).

Artinya 200 faktor itu menjadi juri yang bertugas untuk memberikan penilaian pada sebuah konten, dan konten yang mendapatkan penilaian terbaik akan mendapat kesempatan untuk ditempatkan pada halaman pertama di dalam halaman hasil mesin penelusuran.

Disitulah SEO bekerja dengan melakukan peningkatan pada situs web sehingga Algoritma memberikan penilainan yang lebih baik.

Oleh karena itu SEO sejatinya adalah bagaimana melakukan peningkatan agar terlihat lebih baik dimata Algoritma sehingga bisa mendapatkan penliaian yang lebih baik.

Secara umum SEO yang dilakukan terbagi menjadi 2, yaitu :

1) SEO on Site

SEO on Site adalah segala upaya peningkatan yang dilakukan masih berada dalam kendali situs web seperti :
  1. Membuat judul halaman yang unik
  2. Menggunakan tag meta "deskripsi"
  3. Menerapkan penulisan yang struktural
  4. Menambahkan markup data terstruktur
  5. Mengelola tampilan situs di mensin penelusuran
  6. Mengatur hierarki situs web

2) SEO off Site

SEO off Site adalah upaya peningkatan yang dilakukan diluar dari situs web seperti :
  1. Membangun Backlink
  2. Mempromosikan situs web

Belajar SEO

apakah kamu memiliki website ?
Mulailah belajar dan menerapkan SEO kedalam situs web milikmu.

Meskipun SEO adalah ilmu yang cukup rumit untuk diterapkan tetapi kamu bisa memulainya dengan dengan mengikuti panduan menerapkan SEO untuk pemula.

Lanjutkan pada artikel selanjutnya tentang "Panduan Menerapkan SEO Untuk Pemula".