Baru Membuat Website ?

Temukan Apakah Website Kamu ada di Mesin Pencarian ?

Jika kamu baru saja membuat sebuah website, adalah hal yang wajib untuk melakukan penelusuran di mesin pencarian untuk memeriksa apakah website kamu sudah berada di halaman hasil pencarian.

Bisa jadi website yang baru dibuat belum terindeks oleh mesin pencarian yang disebabkan crawl yang dilakukan melewatkan website kamu atau bisa juga karena mesin pencarian belum melakukan crawl secara berkala sehingga website harus menunggu jadwal crawling selanjutnya sebelum bisa masuk kedalam halaman hasil penelusuran.

Tentunya kamu tidak ingin membuat website milikmu terlalu lama untuk bisa masuk kedalam hasil pencarian. Oleh karena itu kamu harus memeriksanya dan melakukan tindakan bisamana website milikmu tidak bisa ditemukan dalam hasil penelusuran.


Cara untuk memeriksa apakah website kamu ada dalam hasil penelusuran adalah dengan mengetik site"oriesmaihesa.blogspot.com" pada mesin penelusuran. (catatan : ganti tulisan yang berwarna merah menjadi alamat website milikmu).



Apakah Website Kamu Tidak Ditemukan di Halaman Hasil Penelusuran ?

Setelah kamu mencoba mencari website milikmu di mesin pencarian tetapi tidak ditemukan dalam hasil penelusuran.

Hal yang bisa kamu lakukan adalah membiarkannya dan menunggu mesin pencarian menemukan website milikmu pada jadwal crawl berikutnya.

Tetapi kamu bisa juga menambahkan website kamu secara manual  di halaman yang disediakan untuk membantu mesin pencarian menemukan website milikmu.

Caranya adalah kamu pergi menuju link yang sudah disediakan mesin pencarian.

Tambahkan Website ke Google

Mesin pencarian google memberikan kemudahan bagi pemilik website baru yang ingin membuat miliknya diproses lebih baik agar terlihat dalam hasil penelusuran.

Google menyediakan halaman khusus menambahkan URL situs tanpa harus mendaftar atau memiliki akun.  Halaman itu bisa kamu akses di Google Add URL.



Penting untuk kamu ketahui kalau yang harus kamu tambah kedalam from adalah URL website utama dan bukan URL konten. Karena itu akan secara otomatis melakukan penjaringan keseluruh isi didalam website kamu.

Memasukkan URL konten kesana boleh-boleh saja tetapi kalau memang berniat untuk menambahkan URL konten ada baiknya menggunakan alat yang sudah disediakan oleh Google untuk mengelola URL konten secara keseluruahan.

Alat itu adalah Google Search Consule. 

Meskipun kamu telah mendaftarkan alamat website bukan berarti akan langsung berada di halaman hasil pencarian, itu bisa saja memerlukan beberapa waktu hingga website milikmu muncul dalam hasil pencarian.


Optimasi Konten

Website adalah sebuah wadah yang berisikan banyak konten didalamnya. Konten ini adalah halaman yang memiliki url masing-masing. Oleh karena itu jika website kamu sudah terlihat di hasil penelusuran bukan berarti konten kamu juga berada disana.

Sama halnya dengan website, konten adalah halaman yang memiliki url sendiri sehingga mesin pencarian juga harus melakukan crawl padanya.

Secara umum kamu tidak perlu menambahkah alamat konten ke mesin pencarian, karena saat dilakukan jadwal crawl mereka akan secara otomatis ditambahkan kedalam index.

Tetapi tidak menampik kemungkinan bisa terjadi error dalam kinerja yang dilakukan crawler (alat yang melakukan crawl).

Hal itu biasanya disebabkan karena link yang menghubungkan website dengan konten tidak bekerja dengan baik. Atau juga bisa disebabkan karena robots.txt memblokir akses dari crawl.

Membuat Peta Situs (Sitemap)

Oleh karena itu untuk membantu mesin pencarian untuk menemukan halaman konten milikmu, kamu bisa membuat halaman khusus yang berisikan link perujuk ke semua konten yang kamu miliki.

Halaman yang berisi perujuk ke semua konten yang kamu miliki itu disebut sebagai peta situs (sitemap).

Untuk membuat sitemap pada website, kamu bisa membaca artikel yang khusus membahasa tentang Panduan Membuat Sitemap Pada Website.

Setelah membuat sitemap kamu harus mengirimkannya ke penyedia layanan mesin pencarian.

Itu akan membantu meningkatkan kinerja crawler dalam melakukan crawling utuk menambahkan halaman kedalam index meskipun secara tidak sengaja robots.txt memblokir halaman tersebut.

Tambahkan Kategori

Jangan pernah lupa untuk menambahkan karegori untuk setiap konten yang kamubuat.

Dengan menambahkan kategori pada setiap konten akan membuat penyusunan konten menjadi terstruktur sehingga memudahkan sistem dalam melakukan perayapan keseluruh ini konten.

Kategori juga akan memberitahukan isi dari konten untuk meningkatkan relevansi pada topik yang dicari oleh pengguna mesin pencarian.


MENINGKATKAN TAMPILAN HALAMAN

Konten dalam website adalah sebuah halaman yang bisa berisi berbagai macam hal didalamnya seperti artikel, gambar dan video.

Tentu saja isi dari konten adalah hal yang  paling utama yang harus dibuat dengan berkualitas. Tetapi kita bisa melakukan lebih untuk meningkatkan kinerja pada halaman konten.

Pastikan Halaman Terlihat Normal Ketika Dilakukan Crawl

Ketika mesin pencarian melakukan Crawl pastikan hasil dari Crawl tidak mengalami masalah. Bisa saja didalam halaman kamu terdapat file ataupun kode yang tidak bisa terbaca saat dilakukan Crawl.

Meskipun itu tidak mempengaruhi pengunjung dalam menelusuri halamanmu, tetapi hal ini berbeda dengan sistem Crawl.

Bisa saja sebagian informasi di dalam halaman tidak terbaca sistem Crawl sehingga isi konten menjadi tidak relevan hingga akhinya akan mempengaruhi penempatan posisi postingan didalam hasil mesin penelusuran.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pengecekan apakah halaman telah di Crawl dengan baik yaitu dengan mengunakan fitur Inspeksi URL dari Google.

Kemudian bandingkan hasil Crawl dengan hasil penelusuran biasa, apabila tidak ada perbedaan berarti tidak terdapat masalah dalam halaman dan Crawl dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Membuat Judul Halaman

Ketika pengguna melakukan penelusuran dengan menuliskan kata kunci yang mereka cari, hal yang paling diperhatikan pengguna adalah judul halaman. Oleh karena itu judul merupakan hal yang penting untuk menarik minat pengunjung.

Misalkan saja ada pengguna mesin penelusuran yang mencari artikel tentang Panduan Menerapkan SEO Pada Website, tetapi saat pengguna melakukan kunjungan kedalam halaman mereka tidak menemukan informasi yang di cari.

Itu akan menjadi pengalaman yang buruk bagi pengunjung tersebut dan akan terjadi secara berulang kepada pengunjung lainnya.

Hal itu akan mengakibatkan reputasi website menjadi buruk. Oleh sebab itu untuk membuat judul yang baik haruslah relevan dengan isi konten dan judul tidak terlalu panjang namun deskriptif.

Membuat Tag Meta Deskripsi

Selain judul halaman pengguna biasanya juga membaca deskripsi halaman yang didalamannya berisikan penggalan informasi dari isi konten.

Pengguna akan menyesuaikan antara kebutuhan yang dicari dengan informasi dari deskripsi halaman.

Apabila pengguna merasa bahwa isi konten dapat memenuhi kebutuhan mereka akan informasi yang dicari, maka mereka akan melakukan kunjungan kedalam website.

Namun penulisan meta tag deskripsi memiliki batasan yang tidak panjang.

Oleh karenanya harus ditulis dengan singkat dan jelas namun mampu memberikan gambaran keseluruhan isi dari konten.

Pemilihan kalimat yang digunakan dalam meta tag deskripsi bisa diambil dari potongan-potongan tulisan dalam konten.

Tetapi bisa juga ditulis sendiri untuk menggambarkan isi konten, bahkan hal ini memiliki keuntungan yaitu menambah kueri atau relevansi dengan kata kunci yang digunakan pengguna dalam mesin pencarian.

Gunakan Tag Judul

Didalam tulisan yang menggunakan tag Judul maka ukuran tulisan akan terlihat lebih besar pada biasanya. Hal ini bertujuan untuk memberikan penekanan pada bagian-bagian yang penting dalam halaman.

Penggunaan tag Judul juga akan membuat tampilan halaman menjadi lebih enak dibaca.

Seperti ketika menulis sebuah buku yang panjang disitu terdapat pembahasan yang dipisahkan dengan judul utama dan sub-bab didalamnya.

Tetapi yang harus diingat bahwa menggunakan tag Judul dengan sewajarnya atau tidak terlalu banyak.

Terlalu banyak menggunakan tag Judul akan melunturkan fokus bagian penting dalam konten. Akhirnya memberikan pengalaman yang tidak baik bagi para pembaca.