Perbedaan SEO dan SEM

SEO (search engine optimization) adalah optimalisasi situs web dalam upaya meningkatkan visibilitas dalam pencarian alami atau organik. Sedangkan SEM (search engine marketing) mengacu pada pencarian berbayar.



SEM, juga dikenal sebagai PPC (pay per click), menawar dan membayar kata kunci untuk menampilkan iklan daripada membuat konten yang ditargetkan untuk pencari dalam upaya untuk menentukan peringkat secara organik.

Manfaat SEM

Jika Anda mencari hasil instan di bagian atas halaman pertama Google dan memiliki uang untuk dibelanjakan, SEM dapat memberi Anda kepuasan instan itu. Anda akan sering melihat SEM disebut sebagai iklan PPC (atau bayar per-klik}. Ini karena dengan PPC Anda benar-benar hanya membayar setiap kali salah satu iklan Anda diklik.

Satu kesalahpahaman umum tentang PPC adalah bahwa itu bisa sangat mahal. 

Meskipun terkadang benar, biaya dan efisiensi PPC sebagai saluran pemasaran sangat bervariasi menurut industri dan jumlah pekerjaan yang dilakukan untuk memantau kampanye ini.

Pemasar tidak harus memiliki anggaran besar yang disisihkan untuk kampanye iklan jika kampanye tersebut dapat dimonitor / dikelola dengan baik karena perangkat lunak PPC memungkinkan untuk batas anggaran harian dan tawaran biaya per klik yang memastikan kamu tidak pernah membayar lebih dari yang kamu inginkan merasa nyaman dengan.

Beberapa manfaat SEM meliputi: 

  • Penargetan fleksibel, namun tepat
  • Hasil yang cepat dan dapat dilacak

Menawarkan iklan Google penargetan yang fleksibel namun masih sangat tepat dan memungkinkan pemasar untuk mempersempit audiens target mereka berdasarkan lokasi, demografis, dan perilaku pengguna sebelumnya, dengan alat tambahan seperti dapat memilih jam optimal iklan mereka akan muncul.

Dengan manfaat kata kunci "jenis pencocokan" dan kata kunci "negatif" (yang memungkinkan kamu untuk mengontrol pencarian yang tidak tepat untuk iklan kamu), pemasar dapat memutuskan dengan tepat kata kunci mana yang ingin ditampilkan di hasil pencarian .

Manfaat SEO

Meskipun SEO membutuhkan waktu dan kesabaran yang lebih lama untuk dapat melihat hasil yang terlihat, upayanya berkelanjutan dan dapat memberikan manfaat jangka panjang.

SEO adalah implementasi metodologi on dan off page untukmeningkatkan pencarian organik dalam SERPs.

Satu hal yang SEM tidak bisa berikan kepada pengguna adalah kepercayaan dan kredibilitas SEO yang dihasilkan. 

Bahkan, SEO memiliki peluang lalu lintas 20% lebih banyak daripada PPC pada pencarian mobile dan desktop menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Moz.

Beberapa manfaat SEO adalah:


  • Efisiensi biaya (Gratis selain biaya orang yang melaksanakan praktik dan jam yang dihabiskan untuk melakukannya)
  • Kredibilitas dan faktor kepercayaan
  • RKT yang ditingkatkan
  • Visibilitas Berkelanjutan
  • Kesadaran Merek

Tanggung jawab yang berada di bawah topi SEO selalu berubah dan berkembang. Manajemennya dulunya manipulasi yang mudah dari mesin pencari dan secara bertahap telah matang selama bertahun-tahun. SEO sekarang tidak hanya fokus pada optimasi teknis on-dan off-page, tetapi telah diambil untuk pembuatan konten dan pengalaman pengguna.

Dengan penerapan SEO holistik dan strategi konten yang kuat, situs Anda secara bertahap mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam hasil mesin pencari dan mempertahankan tingkat konversi yang lebih tinggi daripada bayar per-klik.

Manfaat Menggabungkan SEO dan SEM

SEO dan SEM harus bekerja secara terpadu dalam upaya gabungan. 

Memanfaatkan SEO dan SEM untuk bisnis kamu tidak hanya diperlukan, tetapi akan sangat bermanfaat bagi kampanye kamu, membantu mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs kamu.

Saat menggunakan SEO dan SEM, kamu dapat menerapkan pengujian A / B dengan kata kunci berbayar sebelum memasukkannya ke sasaran organik kamu untuk mengevaluasi efektivitasnya. 

Pemasar yang menautkan akun Iklan dan Analytics mereka dapat melihat nilai dari upaya mereka dan keseimbangan yang harmonis yang dapat diciptakan oleh dua sisi pemasaran ini bersama-sama.

Memiliki keseimbangan baik membuat kamu dan situs kamu memiliki rasa aman karena kedua upaya saling mendukung.

Baca juga :