Di jaman moderen saat ini kehidupan sangat dimudahkan dengan adanya internet. Sehingga kita bisa bersosialisai dengan orang lain meskipun kita tidak bertemu dengan orang-orang secara langsung. Adanya internet ini bukan hanya sekedar untuk melakukan hubungan komunikasi dengan orang lain yang jauh keberadaannya, tetapi juga bisa untuk mendapatkan informasi ataupun memberikan informasi yang di inginkan kepada orang lain.

Biasanya untuk mendapatkan informasi ini kita melakukan penelusuran dan kemudian memilih beberapa artikel yang berisi informasi yang dibutuhkan. Artikel itu biasa ditulis oleh penulis online dalam sebuah blog atau website yang dipublikasikan secara online sehingga semua orang bisa membacanya.

Ternyata semua orang bisa juga menjadi penulis online dan berbagi berbagai informasi dan pengalaman kepada orang lain. Karen menjadi penulis online itu tidak membutuhkan biaya yang banya, karena hanya membutuhkan sarana dan prasarana seperti laptop atau smartphone yang terhubung dengan internet atau juga bisa dengan wifi.

Ternyata menulis di blog Itu sangat bermanfaat untuk orang-orang yang melakukannya. Manfaat-manfaat itu antara lain :

1. Media Belajar Yang Baik

Didalam konesp Cone of Experience oleh Edgar Dale's yaitu bagaimana cara belajar yang baik dikatakan adalah dengan mengajarkan ilmu yang kita ketahui kepada orang lain. Salah satunya yaitu dengan cara menulis apa yang telah dipelajar kedalam artikel di sebuah blog.

Dengan menulis dan memberikan informasi yang kita ketahui kepada orang lain, ini meningkatkan daya ingat dan membuat kita tidak mudah melupakan informasi yang telah kita berikan kepada orang lain. Oleh karena itu menulis dalam blog adalah salah satu media belajar yang baik untuk dilakukan.

2. Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi dan Berkomunikasi

 Didalam sebuah kelompok atau perkumpulan, biasanya terdapat orang-orang yang ikut serta secara aktif berbicara didalam kelompok dan ada juga orang-orang yang hanya berperan pasif hanya mendengarkan orang-orang berbicara.

Orang yang aktif berbicara ini biasanya memiliki pengetahuan ataupun memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik sehingga setiap kata yang diucapkannya mendapatkan perhatian oleh orang-orang yang berada didalam kelompok tersebut. Kemampuan bersosialisasi dan berkomunikasi ini biasanya tidak dimiliki oleh orang-orang yang secara pasif ikut di dalam kelompok atau diskusi. Itu dikarenakan orang-orang pasif tidak memiliki informasi ataupun topik yang bisa dibicarakannya, bisa juga karena kemampuan berkomunikasinya yang kurang sehingga kesusahan untuk merangkai kata-kata.

Oleh karena itu menulis di blog sangat berguna untuk mendapatkan banyak informasi dan juga membantu meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan cara belajar menulis dan merangkai kata-kata yang baik dalam menyampaikan suatu informasi sehingga mampu dengan baik diterima oleh pembaca.

BACA JUGA :