Banyak orang yang berpikir kalau membuat sebuah blog hanya membuang-buang waktu dan tenaga. Karena memiliki blog maka harus menyediakan waktu dan tenaga untuk menulis atau menyediakan konten untuk pembacat.

Bahkan banyak juga yang membuat sebuah blog hanya demi tujuan untuk mendapatkan pundi-pundi uang yang terus mengalir. Sama halnya dengan saya yang terjun kedalam dunia blogging karena banyak membaca artikel yang membahas gaji seorang blogger yang bisa mencapai puluhan juta bahkan bisa samapai ratusan juta.

Akhirnya saya membuat blog dengan harapan bisa menghasilkan banyak uang. Tetapi tidak berapa lama setelah saya membuat blog dan menulis beberapa konten, saya merasakan titik jenuh menjadi seorang blogger.

Tidak ada pengunjung yang benar-benar datang kedalam blog yang aku buat selain dari googlebot atau dari saya sendiri. Itu benar-benar membuat frustasi dan mematahkan semangat untuk menulis, dan juga untuk mencari ide-ide untuk menulis itu sangat sulit jadi saya sangat berharap ada seseorang yang benar-benar membaca dan menghargai jerih payah yang kulakukan.

Tetapi saya menyadari bahwa saya terlalu berekspektasi terlalu tinggi dengan dunia blogging, sehingga saat ini saya hanya menulis ketika benar-benar ingin menulis.

Dan saat ini saya menjadi seorang blogger untuk benar-benar mengambil manfaat yang bisa saya dapatkan dari daripada mengharapkan hal-hal yang sulit untuk kudapatkan.


Manfaat itu antara lain :
  1. Melatih kesabaran
  2. Melatih penulisan
  3. Menambah wawasan
  4. Memperkenalkan siapa saya



1. Melatih kesabaran

Awal mula ketika saya mulai terjun kedalam dunia blogging, saya menganggap kalau menulis dalam sebuah blog itu sangat mudah. Dalam artian saya sangat percaya diri bisa membuat artikel saya mendapatkan posisi pertama di halaman hasil penelusuran Google.

Namun setelah beberapa waktu saya menulis konten-konten yang berkualitas dan original, saya merasa sangat frustasi karena tidak mendapatkan traffic sedikitpun bahkan artikel yang sudah benar-benar ditulis secara original masih tidak mampu untuk mendapatkan posisi di halaman pertama hasil penelusurann.

Tentunya rasa frustasi yang saya rasakan membuat semangat saya untuk menulis menjadi hilang, bahkan saat itu saya sudah membeli domain TLD com namun menjadi sia-sia karena hingga akhirnya saya berhenti menulis didalam blog. Itu hanya bertahan selama 1 bulan lebih dengan artikel yang sudah ditulis berjumlah 20 an.

Setelah 2 tahun tidak menulis dalam blog, muncul lagi keinginan untuk menulis dan mengelola sebuah blog. Akhirnya saya membuat blog ini, tapi kali ini berbeda.

Saya telah mengerti bahwa hasil dari blogging itu tidak didapat secara instan, butuh waktu hingga hasil itu terlihat. Secara teori saya tidak mungkin mendapatkan konten saya di halaman pertama hasil penelusuran dimana disitu terdapat konten-konten yang juga berkualitas bahakan bereka telah menulis selama bertahuna-tahun.

Akhirnya saya mengerti dalam blogging saya harus bersabar untuk mendapatkan hasil yang saya harapkan yaitu mendapatkan traffic.


2. Melatih penulisan

Mungkin terdengar sepele karena semua orang juga menulis tanpa berlatih.

Tapi sebenarnya menulis itu benar-benar sulit jika apa yang kamu tulis adalah hasil original dan berkualitas.

Menulis itu membutuhkan waktu dan kesabaran bahkan harus berususah payah untuk mengumpulkan informasi-informasi yang berhubungan dan mendukung tulisan.

Termasuk juga melatih cara dan bagaimana untuk menulis dalam hal sudut padang, karena bisa saja pembaca merasa terganggu dengan tulisan yang tidak baik dan saya tidak menginginkan itu.

3. Menambah wawasan

Menulis itu membutuhkan informasi dan riset secara otomatis menambah pengetahuan dan wawasan.

Blogging membuatku harus mencari ide-ide kreatif baru, sehingga banyak waktu yang saya habiskan untuk bereksplorasi di forum-forum.


4. Memperkenalkan siapa saya

Terakhir adalah saya ingin menunjukkan siapa dirisaya, dengan menulis itu bisa saya dapatkan. Oleh karena itu saya menggunakan alamat url dengan nama saya sendiri.


Baca juga :