Ketika kamu baru saja membuat sebuah blog atau website, tentu saja kamu akan berharap kalau situs web milikmu bisa muncul di mesin pencarian google.

Tapi bagaimana jika ternyata kamu tidak menemukan situs web milikmu di mesin pencarian google, karena itu sangat mungkin terjadi bahkan bagi sebagian besar situs web yang baru dibuat.

Bagaimana caramu mengetahui kalau situs web kamu tidak ada di mesin pencarian google, caranya sangat mudah yaitu dengan menulis site:oriesmaihesa.blogspot.com pada kotak penelusuran.
(catatan: ganti tulisan berwarna biru menjadi alamat web milikmu).



Tetapi biasanya jika situs web yang baru dibuat tidak bisa ditemukan dalam mesin pencarian google. Alasannya dikarenakan :

Situs Web Baru Belum Terindex

Mungkin saja situs web milikmu belum di indeks mesin pencarian sehingga situs web kamu masih belum terdata di google pencarian.

Apa kamu tahu bagaimana cara kerja mesin pencarian google untuk memasukkan situs web milikmu kedalam hasil pencariannya.

Secara sederhana mesin pencarian melakukan 3 tahapan sehingga situs web milikmu bisa muncul kedalam halaman hasil pencarian, yaitu :

1. Perayapan (crawling)

Perayapan adalah proses pencarian di mana situs web baru atau lama dipindai oleh mesin pencari.

2. Pengindeksan (indexing)

Setelah memindai halaman web, maka proses pengindeksan dimulai kemudian data disimpan dalam database.

3. Penayangan

Tahap ketiga dan terakhir adalah penayangan sehingga situs web bisa ditemukan di pencarian.

Lengkapnya baca di : Apa itu Mesin Pencari dan Bagaiamana cara kerjanya

Belum Menambahkan Situs Web ke Mesin Pencarian

Mungkin kamu sudah membuat situs web beberapa hari yang lalu tetapi masih belum bisa menemukan situs web milikmu di mesin pencarian.

Itu dikarenakan situs web milikmu belum ditemukan mesin pencarian untuk dipindai sehingga masih belum ditemukan di mesin pencarian.

Umumnya mesin pencarian bisa menemukan situs web milikmu secara otomatis dan memindainya untuk ditambahakan kedalam database mereka.

Tapi jika kamu tidak sabar untuk membuat situs web milikmu muncul di mesin pencarian, maka kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Tambahkan situs web kedalam mesin pencarian google

Kalau situs web kamu tidak bisa ditemukan mesin pencarian setelah menunggu berhari-hari lamanya, maka yang perlu kamu lakukan adalah memberitahukan mesin pencarian bahwa kamu memiliki situs web yang belum dipindai mesin pencarian.

Caranya yaitu tambahkan URL website kamu di https://www.google.co.id/intl/id/add_url.html 



2. Gunakan Google Search Consule

Saat menambahkan situs web ke mesin pencarian, harapannya situs web akan segera di indeks dan dimasukkan kedalam halaman hasil mesin pencarian.

Tetapi terkadang setelah menambahkan blog kedalam mesin pencarian, kita harus menunggu sampai dengan 3 hari lamanya untuk mesin pencarian menyelesaikan tugasnya.

Oleh karena itu pemilik situs web baru bahkan bagi profesional sekalipun menggunakan alat dari google yaitu Google Search Consule untuk mengelola alamat website secara keseluruhan termasuk alamat URL dari artikel.



Sangat direkomendasikan mengelola situs web kamu di Google Search Consule meskipun situs web kamu tergolong baru. Kujungi https://www.google.com/webmasters/ untuk mencoba.


BACA JUGA: