Melalui artikel ini, kita akan tahu apa itu Search Engine dan bagaimana cara kerjanya?

Sejak internet lahir, kita bisa mendapatkan jawaban dengan mudah untuk semua pertanyaan. Apa pun informasi yang diperlukan, cari saja di Internet dan dalam beberapa detik hasil yang paling relevan akan diberikan kepadamu.

Tetapi apa kamu pernah bertanya siapa yang membawa informasi itu kepada kita. Itu adalah Search Engine sebagai media yang membantu kita menemukan informasi di Internet. Ada jutaan situs web yang berada dalam Internet dan semuanya memberikan informasi bagi kita.

Tapi coba pikirkan, jika tidak ada mesin pencari, maka bagaimana kamu bisa tahu di situs web mana kamu akan mendapatkan informasi tentang topik tertentu yang kamu cari.

Jadi jika Anda tertarik untuk mengetahui apa itu mesin pencari? Apa itu mesin pencari?Bagaimana cara kerja mesin pencari? Apa pentingnya mesin pencari? Cukup baca posting ini sampai akhir dan Anda akan mendapatkan jawaban untuk semua pertanyaan. Mari kita mulai posting dengan definisi mesin pencari.

DAFTAR ISI
  1. Apa itu Mesin Pencari
  2. Cara Kerja Mesin Pencari


Apa itu Mesin Pencari

Mesin pencari adalah alat atau perangkat lunak berbasis web yang membantu pengguna internet untuk mencari informasi di World Wide Web.

Ketika pengguna mengetik kata di bilah pencarian, itu disebut Kata Kunci. Berdasarkan kata kunci dan frase kunci ini, mesin pencari menampilkan daftar panjang hasil web kepada pengguna.

Dalam mesin pencari, semua tulisan dan gambar serta video ditunjukkan kepada kita dalam daftar hasil (daftar konten), halaman itu disebut halaman hasil mesin pencari (SERP).


Cara Kerja Mesin Pencari

Kamu membaca apa itu mesin pencari. Tetapi yang lebih menarik, bagaimana cara kerja mesin pencari?

Setiap kali kita mencari dengan mengetikkan kata kunci atau frase kunci di kotak pencarian. Bagaimana mesin pencari bisa menunjukkan hasil yang tepat.

Pekerjaan ini dilakukan dalam tiga tahap oleh mesin pencari yaitu perayapan, pengindeksan dan penayangan.

1) Perayapan

Perayapan adalah proses pencarian di mana situs web baru atau lama dipindai oleh mesin pencari. Robot (juga disebut crawler dan spider ) digunakan untuk melakukan tugas ini.

Crawler ini mencari konten situs web melalui tautannya. Tugas mereka adalah memindai situs web dan mengumpulkan detail tentang setiap halaman situs web.

Laba-laba memindai judul, gambar url, kata kunci dari halaman web untuk mencari tahu tentang apa halaman web itu.

Jika banyak tautan halaman web lain ditemukan di halaman itu, maka laba-laba mencapai halaman berikutnya dengan bantuan tautan itu dan mulai memindai.

Ini adalah cara jutaan halaman web dipindai melalui tautan bot Otomatis . Jika dianggap oleh beberapa intelektual maka perayap Google dapat memindai ribuan halaman web dalam sedetik.

2) Pengindeksan

Setelah crawler memindai halaman web, maka proses pengindeksan dimulai. Data yang dirayapi disimpan dalam database.

Sejumlah server ditempatkan di pusat database ini, yang menyimpan semua salinan halaman web yang dibuat oleh crawler. Halaman web ini disebut index.

Ini adalah data yang kamu lihat sebagai hasil pencarian saat mencari informasi di mesin pencari. Ini adalah proses mengatur data dan halaman web, sehingga mesin pencari dapat dengan cepat menemukan hasil yang relevan untuk permintaan pencarian.

3) Penayangan

Tahap ketiga dan terakhir adalah Penayangan.

Dalam hal ini, mesin pencari memproses kueri yang di cari dan menempatkan data yang paling relevan di halaman pertama dalam SERP, di mana mesin pencari memberikan rekomendasi untuk informasi yang paling akurat berada di posisi pertama.

Sekarang pertanyaannya adalah, bagaimana Google atau mesin pencari lainnya memutuskan bahwa halaman web yang layak diperingkat nomor pertama lebih baik daripada nomor kedua.

Untuk ini, Algoritma bekerja untuk memberikan peringkat setiap konten. Setiap mesin pencari mungkin memiliki metode Pemeringkatan yang berbeda.

Namun penyedia mesin pencari selalu merahasiakan bagaimana Algoritma bekerja. Itu adalah agar tidak ada yang menyalahgunakannya sehingga siapapun memiliki kesempatan yang sama untuk meraih posisi pertama.

Meskipun begitu pembuat web menggunakan metodelogis SEO untuk meningkatkan situs web mereka untuk bisa memuncaki SERP.


BACA JUGA :